Sabtu, 29 September 2012

Info Kuliner | Fakta Dibalik Saus Tomat

Info Kuliner | Fakta Dibalik Saus Tomat

Info Kuliner | Fakta Dibalik Saus Tomat

Masyarakat Indonesia sangat tidak dapat berpisah dengan semua bumbu penyedap rasa, contohnya kecap atau saus tomat. Makanan yang kurang enak dapat diselamatkan berkat pertolongan kedua saus penyedap ini. Tetapi walau bumbu ini dapat membuat segalanya merasa lebih lezat, tetapi pemakaian saus tomat dengan teratur sesungguhnya mesti dihindari. Pemicunya, kandungan didalam saus tomat nyatanya tidak hanya tomat. Ada juga beberapa bahan lain yang kurang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jauh perihal saus tomat, silahkan perhatikan fakta-fakta berikut ini :

Info Kuliner | Fakta Dibalik Saus Tomat

  1. Saus tomat memiliki kandungan sodium yang cukup banyak. Garam biasanya dihindari untuk mencegah retensi air. Selain itu, konsumsi garam yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko kesehatan. Antara lain menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi, dan kerusakan dinding pembuluh darah. Kedua kondisi ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, serangan jantung, dan dalam kasus-kasus yang lebih ekstrim, bisa menyebabkan kematian. Sebisa mungkin, hindari konsumsi garam yang berlebihan.
  2. Saus tomat juga memiliki kandungan sirup jagung tinggi fruktosa. Namanya barangkali tidak demikian anda kenal, atau bagaimana bahan ini bisa merubah kesehatan anda. Cocok namanya, sirup jagung ini terbuat dari bahan jagung, serta umumnya dipakai untuk jadikan pengganti gula. sirup jagung ini tinggi kalori, sebab itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta obesitas (apabila dikonsumsi terus-terusan). Lantaran gula didalam produK ini dicerna dengan cepat, maka kandungan gula darah melonjak dengan cepat, serta dengan cepat juga turun kembali. Keadaan ini dapat membuat anda jadi pusing, mual, serta capek. 
  3. Kandungan sodium serta sirup jagungnya dapat mengacaukan kesehatan anda. Apabila anda benar-benar sangat menggemari saus tomat, perlahan kurangi konsumsinya serta coba ubah dengan salsa atau saus barbekyu yang rendah sodium. Atau, anda dapat menelaah resep saus tomat serta membuatnya sendiri dengan kadar kandungan garamnya dikurangi. Akan lebih baik jika anda mengurangi untuk mengonsumsi saus tomat. Bila cuma mengonsumsinya sesekali saja, pasti tidak dapat ada problem serius yang mengancam kesehatan anda.
  4. Sepanjang perang dunia II, produksi tomat di Filipina berkurang. Perihal ini membuat orang Filipina memutar otak untuk mencari bahan pengganti tomat. Maka digunakanlah pisang, yang cukup melimpah saat itu. Lalu terlahirlah saus berwarna kuning kecoklatan yang terasa semakin lebih manis, serta sesudah itu diberi pewarna merah. Orang Filipina sangat suka dengan saus pisang ini, hingga penjualannya dapat melampaui penjualan saus tomat sejak itu. Lebih-lebih mereka tidak dapat memakan spageti atau hot dogs tanpa saus pisang ini.
  5. Bahan utama didalam saus tomat pastinya buah tomat, yang pada prinsipnya baik untuk kesehatan. Tomat memiliki kandungan lebih dari satu vitamin serta mineral yang perlu supaya tubuh bisa berperan dengan tentunya. Tak hanya itu, tomat mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat perlu untuk menghindar penyakit kardiovaskular, stroke, serta lebih dari satu type kanker. Tak hanya itu juga, tomot ternyata cukup berguna untuk menolong turunkan berat badan.
  6. Bahan lain yang juga dipakai untuk saus penyedap merupakan blueberry. Akhirnya merupakan saus yang terasa manis serta tajam, dengan sedikit rasa buah yang terasa belakangan. Langkah membuatnya sama layaknya saus tomat, yakni dengan bumbu rajangan bawang putih, merica, rempah-rempah, serta cuka.

Info Kuliner | Fakta Dibalik Saus Tomat

0 komentar:

Posting Komentar